POTENSI PERKEBUNAN UNGGULAN DI DESA RESTU RAHAYU

  • 21 July 2018
  • Dibaca: Pengunjung
http://resturahayu-lampungtimur.desa.id/upload/2018/07/FB_IMG_1503923958881.jpg

Kelapa sawit merupakan tanaman yang dapat menghasilkan minyak selain kelapa dan kacang-kacangan. Dalam perkembangannya melalui salah satu produknya yaitu minyak sawit, kelapa sawit memiliki peranan penting antara lain mampu mengganti kelapa sebagai sumber bahan baku mentah bagi industri pangan maupun non pangan dalam negeri.

Temperatur optimal untuk pertumbuhan kelapa sawit 24 – 28°C.Jadi ketinggian tempat yang ideal untuk kelapa sawit antara 1-500 mdpl (di atas permukaan laut). Kelembaban optimum yang ideal untuk tanaman kelapa sawit sekitar 80-90?n kecepatan angin 5-6 km/jam untuk membantu proses penyerbukan. Kelapa sawit dapat tumbuh pada jenis tanah Podzolik, Latosol, Hidromorfik Kelabu, Alluvial atau Regosol, tanah gambut saprik, dataran pantai dan muara sungai. Produksi kelapa sawit lebih tinggi jika ditanam di daerah bertanah Podzolik jika dibandingkan dengan tanah berpasir dan gambut.Di Jawa kelapa sawit tumbuh kurang optimal dikarenakan jenis tanah yang kurang sesuai dengan jenis tanah untuk pertumbuhan kelapa sawiT.

desa Restu Rahayu mempunyai areal yang memiliki kontur lahan Rawa yang memiliki kandungan air begitu tinggi, masyarakat memanfaatkan lahan-lahan yang dahulu tidak ada tanaman apapun yang mampu hidup di lahan seperti itu dengan komoditas Sawit. kwlapa sawit di desa ini memiliki kwalitas unggul dengan usia 4 tahun tanam dengan perawatan normal berat buah bisa mencapai 20-70 KG/Tandan dengan produksi mencapai 80-120 ton/1x putaran panen normal. kami mewakili masyarakat desa sangat berharap bapak mentri pertanian sedianya dapat hadir ditengah-tengah kami memberikan penyuluhan serta bantuan alat angkut demi kelancaran produksi yang kami lakukan ,, karena kami masih terkendala angkutan sejenis hand tractor untuk mengangkut janjang buat matang dari dalam areal yang jalannya rusak ke truk-truk yang diparkirkan di jalan utama. #indonesia membangun dari pelosok. pasti bisa